Tidak Mau Mengikuti Vaksinasi Masyarakat Gratis, Ternyata Ini 5 Alasannya

0

Covid-19 menjadi salah satu virus yang sudah selama kurang lebih dua tahun ini menghantui masyarakat Indonesia. Sudah ada ratusan bahkan ribuan nyawa yang terenggut karena virus ini. Pemerintah juga sudah melakukan berbagai macam cara  untuk mengatasi masalah ini. Salah satunya adalah melakukan vaksinasi COVID-19.

Faktor Penyebab Masyarakat Enggan Di Vaksinasi

Pemerintah mewajibkan semua masyarakat untuk melakukan vaksinasi masyarakat gratis. Akan tetapi ternyata vaksinasi ini menimbulkan polemik di masyarakat Indonesia di mana masih ada beberapa orang yang enggan untuk divaksin. Padahal vaksin ini merupakan sebuah upaya pemerintah Indonesia untuk menekan pertumbuhan penderita covid-19 di Indonesia. Ternyata di balik ini semua ada beberapa alasan yang menyebabkan masyarakat tidak mau divaksinasi, yaitu :

  • Tidak percaya dengan adanya virus Covid-19

Semenjak awal kemunculan virus covid 19 ini, ada banyak masyarakat yang ternyata masih tidak mempercayai akan  keberadaan virus ini. Ada beberapa kelompok masyarakat yang menganggap apabila covid ini hanyalah sebuah propaganda atau hoaks belaka. Ada juga yang menganggapnya sebagai sarana pemerintah untuk mencari keuntungan dengan cara menebarkan ketakutan di masyarakat Indonesia. Sikap masyarakat yang seperti ini, secara otomatis akan membuat masyarakat tidak percaya dan tidak mau dilakukan vaksin.

  • Kurangnya informasi yang berkaitan dengan vaksin covid 19

Penyebab selanjutnya tidak mau mengikuti vaksinasi masyarakat gratis adalah  karena kurangnya informasi mengenai vaksin covid 19.  Mereka kurang pemahaman mengenai jenis vaksin, sasaran vaksin, manfaat vaksin, dan ekfektivitas dari vaksinansi ini. Kurangnya informasi pada masyarakat ini juga dipengaruhi karena keadaan sosial, budaya dan perekonomian masyarakat tertentu. 

  • Keyakinan yang berbeda yang dianut

Di dalam sebuah survei penerimaan vaksin covid di Indonesia menunjukkan apabila keyakinan agama dan kepercayaaan yang ada di masyarakat menjadi salah satu penyebab penolakan vaksinasi covid ini. Ini ada kaitannya dengan kepercayaan dan nilai yang mereka anut. Salah satu termasuk pandangan masyarakat terhadap vaksinasai sampai berbagai perihal tentang kehalalan bahan yang digunakan untuk vaksin.

  • Pengaruh lingkungan

Orang terdekat serta media sosial mempunyai andil besar dalam mempengaruhi pemberian vaksinasi pada masyarakat. Jika orang yang ada di sekitar Anda lebih banyak menampilkan hal yang buruk yang berkaitan dengan vaksinasi maka   kemungkinan besar Anda termasuk masyarakat yang enggan untuk diberikan vaksin.  Sebaliknya, apabila lingkungan Anda adalah orang-orang yang memberikan penilaian positif terhadapt vaksinasi, maka Anda akan menjadi orang yang percaya akan vaksinasi ini.

  • Alasan  kesehatan

Alasan kesehatan juga menjadi salah satu alasan mengapa masih ada beberapa orang yang tidak mau dilakukan vaksin. Ada beberapa masyarakat Indonesia mengaku takut divaksin karena mereka sudah mempunyai penyakit bawaan dan takut akan efek samping vaksin terhadap kesehatan mereka.

Padahal vaksin ini mengandung berbagai macam bahan yang baik untuk menangkal virus corona dan virus lainnya. Sebelum diluncurkan di seluruh dunia, vaksin ini tentunya sudah menjalani beberapa penelitian yang dilakukan  secara mendalam oleh para ahli kesehatan. Mereka juga sudah menguji coba terlebih dahulu efek samping dari vaksin covid 19 untuk kesehatan.

Sebelum dilakukan vaksinasi masyarakat gratis, pastinya akan ada petugas medis yang melakukan pengecekan atau disebut juga sceening para calon penerima vaksin. Jika si calon penerima tidak memenuhi persyaratan untuk  vaksin maka tidak akan diperbolehkan melakukan vaksin sementara waktu hingga memenuhi persyaratan vaksinasi yang sudah dicantumkan di dalam prosedur vaksinasi.