Persiapan Matang Pemerintah Untuk Ajak Masyarakat Indonesia Hidup Berdampingan Covid -19

0

Sudah tidak terasa masyarakat Indonesia sudah melalui masa pandemi selama 2 tahun. Masa pandemi COVID-19 ini sudah berlangsung sejak pertama kali beberapa tahun yang lalu di Wuhan tepatnya pada akhir tahun 2019.

 WHO dan beberapa negara termasuk negara Indonesia sudah saling bersepakat untuk hidup berdampingan Covid  ini dalam jangka waktu yang panjang. Ini tentu saja sudah dipersiapkan secara matang.  Maka dari itu, pemerintah Indonesia sudah mempersiapkan berbagai macam strategi untuk jangka panjang yang mana sangat berguna untuk mengantisipasi segala kemungkinan pada Covid-19.

Ini menjadi sebuah pilihan terbaik bagi masyarakat pada saat ini. Mereka harus secara disiplin dan juga mulai membiasakan diri untuk hidup dengan menerapkan protokol kesehatan. Hal ini menjadi salah satu jalan yang digunakan untuk bisa menuju tatanan kehidupan yang baru dan lebih sehat.

Strategi dan Persiapan Pemerintah Memulai Hidup Baru Bersama Covid

Masa transisi serta adaptasi untuk masyarakat  hidup berdampingan dengan virus Covid -19 ini memang harus dipersiapkan. Oleh karena itu, sambil melakukan evaluasi tentang pemberlakuan PPKM berlevel, pemerintah juga sudah menyusun sekaligus menerapkan berbagai prosedur protokol kesehatan sebagai salah satu bagian menuju ke arah tersebut. Ini dijelaskan oleh menteri Komunikasi dan Informatika, Jonny G Plate.

Berbagai macam cara yang sudah direncanakan untuk menyongsong masyarakat hidup berdampingan covid bertujuan untuk memberikan keseimbangan kehidupan yang sehat dan tetap bisa menjalankan serta menggerakkan berbagai macam kegiatan ekonomi dan juga sosial.

 Berbagai macam panduan mengenai protokol kesehatan yang dilakukan berdasarkan tatanan hidup baru masyarakat karena Covid 19 ini belum bisa diperkirakan kapan waktunya akan menghilang.  Maka dari itu, tidak ada pilihan yang lain selain masyarakat harus selalu disiplin di dalam menjalankan protokol kesehatan dalam kehidupan sehari-hari. Ini harus menjadi bagian dari hidup masyarakat masa kini.

Tidak hanya menyusun rencana ke depan untuk  membiasakan diri hidup berdampingan dengan COVID-19, pemerintah juga sudah melaksanakan berbagai pelaksanaan protokol kesehatan pada beberapa ruang serta fasilitas pelayanan umum seperti berikut ini, yaitu

  • Di tempat perdagangan seperti pasar tradisional, pasar modern, toko, mall, dan supermarket
  • Transportasi darat,laut dan udara
  • Berbagai destinasi pariwisata di seluruh wilayah di Indonesia
  • Tempat pelayanan umum misalnya hotel, restoran, bioskop dan lainnya
  • Kantor dan pabrik termasuk kanto r pemerintahan negeri atau swasta, bank, pabrik, UKM dan lainnya
  • Semua lokasi untuk beribadah dan untuk kegiatan keagamaan
  • Tempat pendidikan : sekolah, universitas

Penyusunan semua prosedur protokol kesehatan pada setiap ruang serta fasilitas umum ini tertentu saja melibatkan berbagai pemangku kepentingan yang terkait. Pasa setiap prosedur protokol kesehatan ini didasarkan pada beberapa standar yaitu standar  seperti berikut ini, yaitu

  • Standar jumlah ‘

Ini mengenai kapasitas pada setiap ruang untuk memastikan penerapan 3 M memakai masker, mencuci tangan dan menjaga jarak

  • Standar aktivitas

Ini berupa bentuk dan durasi pelaksanaan aktivitas yang diperbolehkan untuk bisa memastikan penerapan 3M tersebut

  • Standar perilaku

Ini berkaitan dengan pengguna fasilitas yang harus dipastikan menjalankan 3 M tersebut

  • Deteksi

Pemerintah berusaha untuk meningkatkan tes epidemiologi dan meningkatkan rasio kontak erat yang dilacak pada daerah yang mempunyai potensi lonjakan kasus covid 19

  • Vaksinasi

Ini merupakan upaya pemerintah untuk mengajak masyarakat hidup berdampingan covid di mana masyarakat difasilitasi benteng pertahanan diri berupa vaksin agar tidak mudah terserang virus berbahaya ini. Ini dilakukan untuk semua kalangan masyarakat dari segala umur.